Kamis, 21 Januari 2010

Riwayat Barcelona


The First Treble in Spain!

Di tahun 2009 ini, Barcelona mengukir sejarah baru dengan menjadi klub pertama Spanyol yang berhasil meraih Treble, setelah berhasil memenangkan Copa del Rey, La Liga dan UEFA Champions League di musim 2008/2009.

Di partai final Copa del Rey yang digelar tanggal 13 Mei 2009, penampilan impressive anak-anak Barca berhasil menggulung Atletico Bilbao dengan skor yang cukup telak, 4-1. Meski tertinggal lebih dulu dari menit ke-9, Barca berhasil memainkan permainan terbaiknya dan membalikkan keadaan. Total Football ala Barca berhasil membuahkan gelar Copa del Rey ke-25 Barca, gelar pertama yang didapat musim ini.

Empat hari setelah gelar King's Cup (sebutan lain untuk Copa del Rey) didapat, Barca memastikan diri menjadi juara La Liga musim 2008/2009.Walaupun masih ada 3 pertandingan sisa, namun secara matematik, poin Barca sudah tidak dapat disusul lagi oleh Real Madrid, yang berada di posisi kedua. Di musim ini Barca mencetak rekor memasukkan gol terbanyak di laga El Clasico, saat Madrid dipecundangi 2-6 di kandang sendiri. Pertandingan itu juga merupakan selisih terbanyak semenjak kemenangan 0-5 Barca terhadap Madrid di era Johan Cruyff.

Pada tanggal 27 Mei 2009, Barca melengkapi gelarnya setelah mengalahkan juara Liga Inggris, Manchester United dua gol tanpa balas. Walaupun di partai semifinal sebelumnya Barcelona hanya bisa menang dramatis melawan Chelsea, melalui gol Iniesta di injury time. Permainan anak-anak Barcelona kembali ke performa terbaiknya di Partai final yang di gelar di Roma. Gol Eto'o ('10) dan Messi ('70) mengantarkan Barcelona menjadi Juara UEFA Champions League, untuk ketiga kalinya. Sebuah kemenangan yang membanggakan. Di partai puncak ini Barcelona menurunkan 7 produk lokalnya di starting line-up: Valdes, Pique, Puyol, Iniesta, Busquets, Xavi dan Messi.

Copa del Rey, La Liga dan UEFA Champions League. Sebuah prestasi yang luar biasa. Terutama bagi Pep Guardiola, pelatih yang baru berumur 38 tahun dan baru pertama kali menjadi manager utama di sebuah Klub sepakbola. Viva El Barca!! :celeb1:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar